Pallet Plastik, Cargo Pallet Plastik

Palet Plastik, Cargo Pallet Plastik merupakan barang yang sangat penting dalam industri terkhusus untuk proses pemindahan barang, mulai dari bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi/siap didistribusikan.

Pemilihan palet ini diperlukan pemahaman dari segi cara pemakaian, beban yang akan dimuat, type dan model palet yang sesuai, serta bagaimana handling yang baik untuk penggunaan palet sehingga palet bisa awet, tidak mudah rusak.


cargo pallet plastik


Berikut Ulasan yang bisa menjadi referensi bagi pengguna palet pemula, yang sudah biasa menggunakan palet atau bahkan bagi para purchasing staf (bagian pembelian).

Pembagian type dari palet plastik adalah: One way series, Light Duty series, Medium duty series, Heavy duty series dan Hegiene Series serta Spill Pallet Series

One Way Series.
Nestable Pallet sering dikenal sebagai Palet Mangkok, karena nestable pallet bentuk kakinya seperti mangkok, tujuannya adalah untuk menghemat spase/ruang penyimpanan palet ketika tidak digunakan. Karena bisa disusun bertumpuk dan kaki palet bisa saling masuk. Dilihat dari model pallet dan kapasitas yang bisa diangkut, palet ini cocok untuk cargo atau sering dikenal one way series (pengirman barang ke luar negri/dalam negri tanpa mengharapkannya kembali). Sehingga dibutuhkan palet yang memiliki daya tahan yang cukup tetapi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Sehingga bahannya yang digunakan tidak terlalu kuat (secukupnya: maksimal dinamis 1000 kg), harganya juga relatif murah. Palet yang juga termasuk type one way series: N41111BL, N41210LA yang berwarna hitam. Adapun bobot dari palet ini rata-rata 7.0 - 8.0 kg

Light Duty Series
Sesuai denga namanya Light Duty Series adalah palet yang digunakan untuk mengangkat barang-barang yang ringan seperti makanan-makanan ringan dalam kemasan box karton dengan kapasitas maksimal 1 ton per palet. Type ini sering digunakan oleh perusahaan2 ekspedisi, karena flexyble dalam pemakaian, four ways untuk penggunaan forklif, hand pallet. Adapun contoh2 light duty series: N4 1210 LA, N4 1111, NPA 1210, NPA 1212 berwarna biru, merah ataupun hijau dll, Berat rata-rata dari palet ini kisaran 12 - 13.5 kg.

Medium Duty Series
Type palet ini, digunakan untuk pemindahan barang-barang yang lumayan berat, antara 1.500 kg hingga 2000 kg, biasa digunakan untuk mengankat raw material ataupun spare part pada otomotive, modelnya sama dengan Light Duty Series ataupun One Way Series yaitu: four ways, two ways tapi tidak nestable/palet mangkok. Bisa digunakan dengan Forklif, Handlift tapi tidak dengan stacker. Palet ini cukup awet bisa bertahan hingga 2 tahun atau lebih tergantung pemakaiannya. Bobot Palet ini rata2 antara 17 - 27 kg

Heavy Duty Series
Palet ini merupakan palet terkuat di kelas palet plastik karena mampu mengangkat hingga 15.000 kg. Dan ukurannya  juga cukup besar hingga 1.5 x 1.2 Meter. Model ini sering digunakan untuk produk-produk yang cukup berat, seperti spare part alat2 berat, bahan baku pupuk, gula dan produk tambang lainnya. Bobot Palet ini antara 31 Kg hingga 34 Kg. Pemakaian bisa menggunakan forklif, dan handlift. Dan harganya juga relatif lebih mahal. Contoh Paletnya B325-11, B524.

Hygiene Series
Hygiene identik dengan kebersihan/higienis, kontak dengan makanan ataupun obat-obatan, sehingga palet plastik ini sering digunakan untuk industri makanan dan obat-obatan. Ciri-cirinya bisa dibedakan dari penampang atas (board pallet) yang rata dan tanpa lobang2, sehingga mudah untuk dibersihkan, Demikian juga dengan kaki palet dibuat tertutup supaya tidak ada material yang menempel pada palet. Namun jenis pallet ini masih jarang diminati di indonesia, sehingga untuk penyediaannya harus menggunakan minimum oder per kontainer (barang import) Dengan Indent waktu pemesanan bisa 2-3 bulan baru dikirimkan ke lokasi customer.